Enam Kebiasaan Sehat yang Bikin Sakit

                  TAK selamanya kebiasan sehat bisa membuat tubuh afiat. Jika terlalu berlebihan dilakukan, kebiasaan yang seharusnya berdampak positif itu justru membawa efek negatif. Senam aerobik, berjemur, cuci tangan menggunakan sabun antibakteri, tidur, berada di ruang ber-AC, dan mengosumsi makanan organik contohnya.

Senam aerobik memang menyehatkan, semua orang tahu itu. Namun jika dilakukan secara berlebihan justru merugikan. Dr Erika Schwartz, Direktur Medis Cinergy Health, Inggris, mengatakan tubuh dan otak kita hanya membutuhkan aktivitas kardiologi selama 30 hingga 45 menit  tiga atau empat hari dalam sepekan. Karena itu senam kardio atau aerobik tidak perlu dilakukan setiap hari.

Jika ingin berolahraga setiap hari, Erika menyarankan agar jangan melulu melakukan senam aerobik. Sebaiknya diselingi dengan jenis olahraga lain seperti yoga dan jalan kaki. Selain itu mendaki, berenang, serta bermain tenis dan golf juga bisa menjadi alternatif.

Berjemur juga bisa berdampak tidak baik jika dilakukan secara tidak proporsional. Kita memang membutuhkan vitamin D untuk membuat tulang kita kuat dan tubuh kita kebal terhadap penyakit. Dan cara termudah untuk itu adalah dengan berjemur. Namun, jangan terlalu tergila-gila pada sinar matahari. Jika berkegiatan di luar ruangan lebih dari 20 menit, lindungi kulit terutama wajah.

Kebiasaan sehat yang juga bisa menyebabkan sakit adalah terlalu sering cuci tangan menggunakan sabun antibakteri. Sebab, hal itu akan melemahkan kemampuan tubuh melawan ’’bakteri baik’’. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun tak lebih dari 20 detik, jauh lebih bermanfaat.
Tentang kebiasaan tidur, Erika menyarankan agar tidak lebih dari sembilan jam sehari.
Menurut Erika, tubuh manusia hanya butuh waktu tidur tak lebih dari tujuh atau delapan jam sehari agar bisa berfungsi secara optimal.

Kurang tidur atau tidur berlebihan tidak baik bagi kesehatan kulit dan bisa menyebabkan perut kembung, makan berlebih, kebingungan, dan depresi.
Hmm... Anda suka di ruang ber-AC? Memang nyaman jika kondisi panas. Tapi ingat, jangan duduk dan bernapas di ruang ber-AC seharian penuh. Udara dari AC kemungkinan mengandung bakteri dan jamur. Dan yang pasti, udara itu mengandung aneka partikel debu.
Sesekali matikan AC, buka jendela, dan jalan-jalanlah ke luar ruangan. Hirup udara segar. Selain itu jangan lupa secara rutin bersihkan penyaring AC menggunakan air hangat dan sabun.

Jika Anda bekerja di kantor yang jendelanya tidak pernah dibuka, bawalah jaket untuk membuat tubuh Anda tetap hangat. Keluarlah dari kantor, setidaknya tiap jam makan siang atau jam istirahat.
Mengonsumsi makan organik, jika dilakukan terlalu berlebihan juga tidak bermanfaat. Selain mahal, makanan organik biasanya melalui proses yang panjang. Makanan sehat tak harus makanan organik.


                                                                                                      Sumber : Suara merdeka
 

0 komentar:

Posting Komentar